Anak Milenial Cinta Batik
Kegiatan
Pendampingan menjadi aktivitas yang rutin dilakukan Stube-HEMAT Yogyakarta. Stube-HEMAT
sebagai Lembaga Pendampingan Mahasiswa dan anak muda mendapat kesempatan
untuk mendampingi Studi Sosial siswa-siswi kelas IX SMPK Tirta Marta-BPK Penabur Pondok Indah,
Jakarta tahun 2018.
Salah satu kegiatannya adalah
kunjungan dan praktik membatik di Batik Sungsang
Giriloyo, Imogiri,
Kabupaten Bantul. Pada tanggal 10 Oktober 2018 bersama 13
orang siswa-siswi, 2 guru
dan 2 mahasiswa pendamping dari Stube-HEMAT berkunjung ke lokasi untuk
mempelajari sejarah sekaligus praktek pembuatan batik.
Siswa-siswi disambut oleh Sunhaji, pemilik sekaligus
narasumber yang
menjelaskan sejarah batik di Giriloyo,
motif-motif batik dan tahapan proses membuatnya. Konon katanya, asal-usul batik tulis Giriloyo bersamaan dengan berdirinya makam raja-raja di
Imogiri yang terletak di bukit Merak. Sejalan dengan berdirinya makam raja-raja
di Imogiri ini perlu ada yang memelihara dan menjaganya. Untuk itu, keraton
menugaskan beberapa abdi dalem untuk melakukan tugas itu. Interaksi yang terjadi antara abdi dalem dan masyarakat setempat
terutama ibu-ibu, membuka peluang terjadinya transfer ilmu bagaimana cara membatik. Maka tidak mengherankan apabila ketrampilan membatik dengan motif batik halus
keraton berkembang di wilayah ini. Seiring
dengan berjalannya waktu, keterampilan membatik diwariskan kepada
anak atau cucu perempuannya.
Saat praktik membatik, siswa-siswi
sangat antusias membuat batik sendiri. Diawali dari proses
menggambar pola,
lalu digambar dengan menggunakan malam/lilin dengan alat namanya canting,
kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan, setelah itu kain direbus
untuk menghilangkan lilin dan kemudian dicuci dan dijemur hingga kering. Walau hasilnya tidak serapih dan
sebagus para ibu pembatik
di desa Giriloyo namum siswa-siswi
bangga dengan hasil karya mereka sendiri. Semangat mereka perlu terus dipupuk untuk selalu mencintai dan bangga menggunakan
produk-produk asli Indonesia,
salah satunya batik. (ML).
Komentar
Posting Komentar