Go-Digital Bersama UKMIndonesia.ID

Oleh Stube HEMAT Yogyakarta.          

Digitalisasi sudah tidak bisa dihindari oleh siapa pun yang ingin terus bergerak menyesuaikan kemajuan teknologi dan informasi, terlebih bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produknya. Peningkatan kapasitas untuk menguasai teknologi informasi terus diupayakan supaya seluruh komponen masyarakat yang bergerak di bidang usaha bisa memanfaatkan dan mendapatkan keuntungan untuk setiap usahanya, terlebih di pulau-pulau kecil bagian timur Indonesia.

Kali ini Gilang Herdyan, alumni Stube HEMAT Yogyakarta, salah satu jejaring alumni, membuka forum diskusi bersama UKMINDONESIA.ID tempat dia bekerja, yang berkedudukan di Jakarta, bersama teman-teman di Pulau Sumba. Mari kenali dulu layanan Lembaga ini. UKMINDONESIA.ID merupakan sebuah media informasi berbasis komunitas bagi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mempublikasikan informasi dan wawasan bisnis melalui website dan media sosial dimana pelaku UMKM bisa meningkatkan bisnisnya melalui beragam informasi tersedia di dalamnya yang berupa program dan kegiatan pengembangan UMKM, tips bisnis, pengalaman inspiratif, perijinan dan sertifikasi sampai pada pengembangan usaha.

Melihat peluang dan kesempatan yang bagus ini, Stube HEMAT Yogyakarta menjejaringkan para Multiplikator Stube HEMAT di Sumba yang bergerak di sektor UMKM meliputi kelompok pemberdayaan perempuan dengan produk ragam tenun ikat yang dikelola Elisabeth Uru Ndaya, S.Pd., gerakan petani muda milenial dengan hortikultura yang dikoordinir oleh Frans Fredi Kalikit Bara, S.E., dan komunitas peternak babi Sumba Timur yang dirintis oleh Apriyanto Hangga. Ada peserta lain dari Sumba Barat Daya yang juga menjadi peserta dalam dialog tersebut. Dialog bersama antara Multiplikator Stube HEMAT di Sumba dan UKMINDONESIA.ID berlangsung dengan semangat untuk berkembang melalui program UMKM Go Digital (6/9/2023). Dialog awal ini dimaksudkan untuk saling mengenal dan memahami peran masing-masing dan mempelajari Program UMKM Go Digital yang memiliki kegiatan utama antara lain pelatihan pembentukan jaringan fasilitator ‘Go Digital’ dengan adopsi teknologi digital dan implementasi pendampingan melalui aplikasi Chat Commerce (WhatsApp Business).


Jejaring menjadi kekuatan bersama dan Stube HEMAT terpanggil terus membangun jejaring dengan para alumnus untuk bisa menjadi mutual colaboration dan menghadirkan manfaat bagi pihak-pihak yang berjejaring. Melalui ‘Go Digital’ usaha-usaha yang telah dirintis diharapkan semakin berdampak untuk masyarakat dan produk-produk yang dihasilkan mendapat tanggapan baik dari publik.***


Komentar